Rabu, 02 Desember 2015

Mengatasi Gagal Booting atau Bootloop HP Asus Zenfone


Ternyata...

System Operasi bernama android itu gampang error. Entah karena aplikasinya yang kebanyakan iklan dan kadang disusupi virus atau karena system dan aplikasi yang bentar-bentar langsung up date sendiri pas ketemu wifi. Lagi seru-serunya si android update status eh.. versi, tiba-tiba koneksi wifinya terputus karna harus meninggalkan area. Sekali dua kali mungkin rapopo, tapi kalau sering terjadi, jadilah system tidak sempurna. Beberapa program jadi stoped unfortunately ketika dibuka. Bahkan sampai restart sendiri. Parahnya, saat booting cuma tampil logo dan gambar lingkaran muter-muter ga berhenti. Akhirnya matiin dan hidupin dengan cara tekan tombol power berulang-ulang baru bisa berjalan normal. Lama-kelamaan ga bisa booting sama sekali. Itulah bootloop alias gagal booting.

Sedih kan.. karena itu artinya harus siap-siap sakit hati jika ternyata harus kehilangan data ditambah keluarnya beberapa lembar isi dompet buat biaya service paling tidak senilai empat porsi nasi bebek yang pedas. Hhhuff.... 

Jangan khawatir. Artikel ini tidak dibuat untuk memperdalam larut dalam kesedihan. Innama'al 'usri yusro. Sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Dan memang benar. Saya sudah membuktikannya.

Baiklah, sekarang kita langsung ke cara penyelesaiannya. 

Cara Pertama : Dengan bantuan PC/laptop. Cara ini memungkinkan fren sekalian masih bisa memindahkan data seperti file mp3, JPEG, APK dll ke PC. Kita mulai dengan menginstal driver android di PC bernama MediaTek USB VCOM (Android) Driver, agar HP kita dikenali PC.Siapkan juga ROM androidnya boleh jelly bean atau kitkat. ROM ini yang ukurannya lumayan besar kalau kita download dan biasanya dalam bentuk RAR. Extrak dulu dengan bantuan software winrar atau sejenisnya agar berubah jadi format RAW. Trus kita instal juga aplikasi yang bernama SP_Flashtool. Aplikasi ini berguna untuk membuka direktori yang ada di hp android kita lewat PC. Setelah semuanya terinstal, ekstrak dan pasang drivernya terlebih dahulu di komputer. Lalu ekstrak SP_Flashtools di salah satu drive dan buka Flash_Tool.exe. Pada tampilan Flash Tool, klik Scatter_Loading dan arahkan pencarian untuk mencari file scatter_emmc.txt yang ada di folder ROM android. Centang kotak yang ada di sebelah tulisan DA DL ALL With Checksum dan klik download. Hal ini akan membuat proses download berjalan yang ditunjukkan dengan download bar berwarna ungu. Setelah unduhan selesai, matikan ponsel dan hubungkan dengan komputer menggunakan USB. Download bar akan berubah dari ungu menjadi kuning yang artinya proses install ulang sedang berlangsung. Tunggu hingga muncul lingkaran hijau di Flashtool. Setelah selesai kemudian hidupkan kembali hpnya. Jika proses booting agak lama, itu adalah normal. Tunggu sebentar hingga proses booting selesai. 
Jreng..jreng..

Cara Kedua : Tanpa PC/laptop. Cara ini lebih singkat dan tidak perlu banyak bahan seperti cara pertama. Saya lebih menyarankan cara ini karena kemungkinan gagal lebih kecil. Anggap saja data-datanya hilang ya fren. Pertama kita siapkan bahannya, kartu memori berupa microSD, boleh yang baru atau mencabut dari hp yang lagi pingsan tadi. Yang penting masih ada sisa ruang minimal 700MB jika fren mau menginstallnya dengan Jelly Bean dan ruang minimal 850MB jika mau menginstallnya dengan KitKat. Bahan berikutnya adalah ROM android seperti yang diatas. Boleh jelly bean atau kitkat. Yang suka jelly bean bisa download disini.Kita mulai dengan copy paste ROM yang sudah diextrak ke microSD. Ingat ya, ROMnya dalam format RAW dan diletakkan di ruang yang kosong tanpa folder. Setelah copy paste selesai, pasang kembali microSDnya ke hp lalu hidupkan masuk ke mode recovery. Mode ini mirip ketika PC masuk menu BIOS untuk mengatur boot priority. Caranya dengan menekan tombol power dan volume secara bersamaan. Pilih download dari kartu memori dengan tekan tombol volume naik-turun dan enter dengan tekan tombol power. Tunggu beberapa menit dan biarkan restart sendiri. Proses ini tidak sampai 5 menit. Teorinya mudah kan..?
Tapi memang mudah kok. InshaaAllah fren semua berhasil.

Selamat mencoba.
Jangan lupa mengucapkan Bismillah ketika mulai dan Alhamdulillah setelah selesai.

Silahkan bertanya lewat komen jika ada yang belum jelas.

Baarakallahu fiik..

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Jangan ragu bertanya